ID   EN
Universitas Mercu Buana

News

Webinar Pelatihan Akses Layanan dan Koleksi Perpustakaan UMB: "Ada Apa Dengan Perpus UMB?"

   40    1 min

Rabu, 23 Oktober 2024, Perpustakaan Universitas Mercu Buana (UMB) menyelenggarakan webinar literasi informasi dengan tema "Ada Apa Dengan Perpus UMB?". Webinar ini bertujuan untuk memperkenalkan akses layanan dan koleksi Perpustakaan UMB kepada civitas akademika, terutama mahasiswa baru. Kegiatan ini diikuti oleh 725 peserta, yang terdiri dari dosen dan mahasiswa, melalui platform Zoom dan disiarkan langsung di YouTube Perpustakaan UMB.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor Pembelajaran dan Ristek, Dr. Erna Setiany, SE, M.Si., menekankan pentingnya mahasiswa memanfaatkan layanan dan koleksi perpustakaan sejak awal perkuliahan. Perpustakaan UMB, yang telah terakreditasi A, merupakan salah satu perpustakaan terbaik di Indonesia dan menawarkan berbagai program yang mendukung kegiatan akademik. "Mahasiswa jangan menunggu sampai mendekati kelulusan baru datang ke perpustakaan. Manfaatkan perpustakaan ini untuk menunjang tugas kuliah dan pengajaran," ujar Dr. Erna.

Ketua Pelaksana Webinar, Anggitto Suryo Hadi, S.IP, menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan eksistensi perpustakaan di lingkungan UMB serta memberikan edukasi tentang layanan perpustakaan, baik offline maupun online. Ia menyebutkan, “Webinar ini juga akan mengenalkan berbagai koleksi yang bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk menunjang kegiatan belajar.” Dalam sesi webinar, Muhammad Arif Budiyanto, S.Kom, M.Hum, selaku Kepala Biro Perpustakaan UMB, menyampaikan materi terkait akses layanan perpustakaan, sementara Danang Nur Cahyadi, S.IP membahas cara akses koleksi yang tersedia di perpustakaan UMB. Mereka memperkenalkan berbagai layanan, mulai dari peminjaman buku, penggunaan database akademik, hingga layanan digital yang memudahkan mahasiswa mengakses sumber daya secara online.

Tujuan utama dari webinar ini adalah memperkenalkan fasilitas perpustakaan kepada mahasiswa baru dan memberikan informasi mengenai cara optimal dalam memanfaatkan koleksi dan layanan yang ada. Harapannya, dengan webinar ini, semakin banyak mahasiswa yang tertarik untuk mengunjungi dan menggunakan fasilitas perpustakaan sebagai sumber belajar utama. Kegiatan yang berlangsung interaktif ini dipandu oleh Nasrullah, S.IP, dengan peserta yang terlihat antusias, terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan dan diskusi yang menarik antara pemateri dan peserta.



Next PostPrevious Post