ID   EN
Universitas Mercu Buana

News

UMB Sosialisasikan Sistem Baru “Fast Learning” untuk Meningkatkan Kemudahan Belajar

   3583    2 min

Biro Operasional Perkuliahan Universitas Mercu Buana, menyelenggarakan acara sosialisasi metode pembelajaran Reguler 2 angkatan 2023/2024, sebagai langkah awal dalam menerapkan metode pembelajaran baru yang inovatif (18/7).

Metode pembelajaran baru ini disebut "Fast Learning" (Flexible and Smart Learning), yang memadukan pembelajaran tatap muka (synchronous) dengan pembelajaran jarak jauh (asynchronous) menggunakan teknologi informasi dan komunikasi.

Sosialisasi ini diadakan di Auditorium Prof. Harun Zain, Kampus Meruya dengan peserta para Dekan, Wakil Dekan, Kepala Biro dan Kepala Program Studi. Pemateri sosialisasi ini antara lain: Kepala Biro Operasional Perkuliahan, Deny Iskandar, S.Kom, M.Kom, Kepala Bagian Pengembangan Bahan Ajar dan MKCU, Erni Purwanti, ST, MT dan Kepala Biro Teknologi Informasi, Zendi Iklima, ST, M.Sc.

Fast Learning adalah sistem pembelajaran yang memungkinkan mahasiswa untuk belajar secara langsung dalam pertemuan tatap muka maupun secara tidak langsung dengan menggunakan berbagai platform online. Hal ini bertujuan untuk memperluas aksesibilitas dan fleksibilitas pembelajaran, sehingga mahasiswa dapat belajar kapan pun dan di mana pun sesuai dengan jadwal dan kebutuhan mereka.

Dalam acara sosialisasi ini, dijelaskan bahwa metode pembelajaran Fast Learning akan diterapkan secara khusus pada Reguler 2 diangkatan baru yang akan datang. Pembelajaran ini akan terdiri dari 16 pertemuan, dengan 8 pertemuan berlangsung secara tatap muka, 7 pertemuan berlangsung secara tidak langsun dan 1 pertemuan berupa ujian akhir semester yang akan dilaksanakan secara tatap muka.

Kepala Biro Operasional Perkuliahan, Deny Iskandar, S.Kom, M.Kom menyampaikan bahwa pelatihan mengenai Fast Learning akan dilaksanakan pada tanggal 8 dan 10 Agustus 2023 untuk para dosen Reguler 2. Dosen akan dibekali dengan pemahaman mendalam tentang metode baru ini agar mereka dapat dengan lancar menerapkannya dalam proses pengajaran dan pembelajaran.

“Fast Learning dapat diakses melalui link "https://fast.mercubuana.ac.id" yang telah disediakan oleh universitas. Platform ini akan menyediakan beragam materi pembelajaran, diskusi, tugas, dan evaluasi untuk memastikan mahasiswa dapat belajar dengan baik dan meraih pemahaman yang mendalam dalam mata kuliah yang diambil,” jelas Deny.

Sosialisasi metode pembelajaran ini merupakan hasil kolaborasi antara Biro Operasional Perkuliahan (BOP) dan Biro Teknologi Informasi (BTI) Universitas Mercu Buana. Dengan adanya kolaborasi ini, diharapkan sistem pembelajaran universitas menjadi lebih efisien dan dapat mengakomodasi kebutuhan belajar mahasiswa dengan baik.

“Sistem baru BOP yang bekerja sama dengan BTI bisa membuat sistem yang lebih permanen dan mengakomodasi. Harapannya tidak menyulitkan untuk semua bahkan memudahkan, begitu juga untuk mahasiswa, karena anak jaman sekarang maunya mudah, maunya berbau teknologi," jelas Wakil Rektor Bidang Pembelajaran dan Ristek, Dr. Erna Setiany, S.E., M.Si dalam sambutannya.

Kegiatan sosialisasi metode pembelajaran Fast Learning ini juga menjadi momen istimewa karena menjadi kegiatan terakhir bagi Dr. Harwikarya, M.T, selaku Wakil Rektor Bidang Pembelajaran dan Ristek periode 2022-2023. Ia digantikan oleh Dr. Erna Setiany, S.E., M.Si yang baru saja dilantik sebagai Wakil Rektor Bidang Pembelajaran dan Ristek.

Semoga dengan penerapan metode pembelajaran baru ini, kualitas pembelajaran di Universitas Mercu Buana semakin meningkat dan memberikan pengalaman belajar yang lebih efektif bagi seluruh mahasiswa.



Next PostPrevious Post