ID   EN
Universitas Mercu Buana

News

Enam Proposal Lolos Hibah PKM, UMB Beri Apresiasi melalui PKM Awards 2023

   1101    2 min

Biro Kemahasiswaan Universitas Mercu Buana (UMB) mengadakan PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) Award 2023 yang dilaksanakan di Auditorium Prof. Harun Zain, Kampus Meruya, Sabtu (15/7). PKM Award merupakan penghargaan yang diberikan kepada mahasiswa yang telah berhasil menghasilkan inovasi dan kreativitas melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).

Acara ini dihadiri oleh Rektor UMB, Prof. Dr. Andi Adriansyah M.Eng, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. Ariani Kusumo Wardhani, M.Ds., CS, Dr. Elly Yuliawati, Sekretaris Universitas, Yuni Tresnawati, S.Sos., M.Ikom, Kepala Biro Kemahasiswaan, dan dosen pembimbing PKM.

Dalam sambutannya, Prof. Dr. Andi Adriansyah, M.Eng mengatakan Indonesia memiliki jumlah populasi muda yang meledak besar dinamakan bonus demografi.

“Ini adalah sebuah peluang bagi mahasiswa sekarang ini untuk menunjukan potensinya, untuk itu kalian harus semangat dan memanfaatkan peluang dengan baik. Jangan sampai bonus demografi menjadi virus demografi,” kata Andi.

Kegiatan ini pertama kali dilaksanakan di UMB dan dibuka langsung oleh Rektor UMB. PKM ini telah lolos pendanaan Simbelmawa 2023 dengan jenis PKM yaitu, PKM-K (Kewirausahaan), PKM-PM (Pengabdian Masyarakat), PKM-RSH (Riset dan Humaniora) dengan berbagai judul yang unik, kreatif dan inovatif dari mahasiswa didampingi oleh dosen pembimbing terbaik UMB.

Yuni Tresnawati, S.Sos., M.Ikom menjelaskan, UMB mendapatkan kuota sebanyak 180 untuk mengupload proposal PKM, kami melakukan seleksi internal sejumlah 450 yang terdiri dari skema kewirausahaan, riset, pengabdian pada masyarakat, gagasan futuristik, dan artikel ilmiah.

“Baru kemarin di tanggal 5 Juni kami mendapatkan kabar bahwa terdapat enam hibah untuk PKM dari UMB, ini merupakan suatu peningkatan dari tahun sebelumnya yang hanya lolos satu, ditambah lagi kami juga mendapatkan satu PPK Ormawa hibah untuk penguatan kapasitas organisasi mahasiswa,” tambah Yuni.

Enam tim PKM yang lolos pendanaan Sistem Informasi Pembelajaran dan Kemahasiswaan (SIMBELMAWA) 2023 adalah sebagai berikut:

  1. PKMK, dengan judul: Enzyco Eksistensi Limbah Organik Berbasis Eco Enzyme Guna Menjadikan Superioritas Sabun Padat, Ketua Tim: Azzira Nayani Shafa
  2. PKMK, dengan judul: Ompak Jaya: Komposit Plafon Gipsum Dengan Limbah Serabut Kelapa Menjadi Karya Wirausaha, Ketua Tim: Muhammad Ardi Bustomi
  3. PKMK, dengan judul: Lilin Aromaterapi Anti Nyamuk Dari Ampas Kopi dan Cengkeh, Ketua Tim: Intan Purnama Dewi
  4. PKMPM, dengan judul: Pelatihan Pengolahan Ampas Tahu Sebagai Produk Pangan Kerupuk Dengan Ibu-Ibu PKK Kemanggisan Jakarta Barat
  5. PKMRSH, dengan judul: Pengaruh Host Live Streaming di Aplikasi E-Commerce untuk Meningkatkan Minat Masyarakat Pada Suatu Produk, Ketua Tim: Angely Zefanya Srikandi Rumimpunu
  6. PKMRSH, dengan judul:Perancangan Aplikasi Wadah Penyandang Disabilitas untuk Pelatihan dan Peningkatan Karir, Ketua Tim: Bagus Al Haq

“Kita sangat mengapresiasi mahasiswa yang telah mendapatkan hibah PKM, karena mereka mendapatkan hal ini tidak mudah dengan persaingan yang sengit dari seluruh universitas di Indonesia. Maka dari itu, laksanakan proses ini dengan baik karena kalian merupakan pilihan dari sekian banyak ribuan proposal lainnya, perjalanan kita masih panjang dalam proses ini, maka dari itu mahasiswa harus tetap semangat dan terus maju,” ucap Ariani.

Dengan adanya PKM Award 2023, diharapkan semakin banyak mahasiswa yang terinspirasi dan bersemangat untuk berkontribusi dalam menciptakan solusi-solusi inovatif demi kemajuan Indonesia.



Next PostPrevious Post