JAKARTA, Bagaimana keterlibatan konsumen memengaruhi keputusan menonton film Indonesia di bioskop? Pertanyaan itu menjadi fokus riset Muhammad Fadheel Djamaly, mahasiswa Program Doktor Manajemen Universitas Mercu Buana (UMB). Penelitiannya yang berjudul Model Keterlibatan Pelanggan Dalam Pembuatan Keputusan Menonton Film Indonesia di Bioskop mengantarnya meraih gelar doktor ke-53 UMB.

Dalam sidang promosi terbuka di Auditorium lantai 5 Gedung Doktoral, Selasa (16/9/2025), Fadheel menjelaskan bahwa keterlibatan penonton tidak hanya dipengaruhi oleh faktor promosi dan kualitas film, tetapi juga persepsi identitas budaya, pengalaman sinematik, dan dorongan komunitas.

“Industri perfilman nasional perlu memahami faktor-faktor keterlibatan konsumen agar dapat meningkatkan minat menonton film Indonesia di bioskop, terlebih di tengah maraknya platform streaming,” kata Fadheel dalam pemaparannya.

Fadheel meraih gelar doktor di bidang Manajemen Pemasaran dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) 3,97 dan predikat sangat memuaskan.

Sidang dipimpin oleh Dr. Nurul Hidayah, M.Si., Ak., dengan promotor Prof. Dr. Djumarno, M.B.A. serta ko-promotor Dr. Rina Astini, MM., dan Dr. Daru Asih, M.Si. Dewan penguji juga menghadirkan Prof. Dr. Steph Subanidja, MBA., sebagai penguji luar universitas dan Prof. Rizki Briandana, Ph.D., sebagai penguji luar komisi.

Perwakilan guru besar UMB, Prof. Dr. Apollo, M.Si., Ak., serta Ketua Program Studi Doktor Manajemen, Prof. Dr. Indra Siswanti, MM., CRP., turut memberikan penilaian dalam sidang tersebut.

Menurut Prof. Indra, riset ini sangat relevan bagi penguatan industri film nasional. “Disertasi ini menawarkan pemahaman baru mengenai perilaku penonton yang bisa dimanfaatkan produser dan pemasar untuk membangun strategi lebih efektif,” ujarnya.

Dengan keberhasilannya, Fadheel menambah daftar akademisi UMB yang berkontribusi dalam pengembangan ilmu manajemen, khususnya pada bidang pemasaran industri kreatif dan perfilman.