ID   EN
Universitas Mercu Buana

News

Hadirkan Musik dalam Gelaran PsychoArt 2023

   532    2 min

Musik memiliki fungsi dan efek terhadap peningkatan kecerdasan otak, serta berbagai macam musik yang beragam dapat membuat otak berkembang dan hal ini sudah dilakukan dengan berbagai penelitian. Musik juga dapat mempengaruhi suasana hati, kesadaran diri, dan ketertarikan sosial seseorang. Kita dapat banyak dampak positif dengan hanya mendengarkan musik.

Untuk mengetahui lebih jelasnya pengaruh musik terhadap seseorang, Himpunan Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana (UMB) mengadakan acara PsychoArt yang merupakan rangkaian acara Pekan Raya Psikologi 2023. Dengan mengusung tema “Euphoria”, acara ini mempersembahkan sebuah penampilan dari band umum, narasumber mengenai Psikologi Musik, dan tentunya akan ada penampilan dari Guest Star yang akan membuat para peserta terhibur dengan musik yang akan ditampilkan.

“PsychoArt hadir sebagai wujud pengekspresian rasa senang dan ketertarikan seseorang terhadap musik yang akan membuat suasana para peserta terasa nyaman untuk mengekspresikan dirinya dalam keadaan bahagia,” ujar Salsabila Amelia, Ketua Pelaksana Pekan Raya Psikologi 2023.

Amelia menambahkan, tujuan diadakannya PsychoArt ini untuk merayakan ulang tahun Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana sekaligus mengajak para mahasiswa/i serta masyarakat umum untuk dapat mengekspresikan diri melalui seni terutama musik agar menciptakan kebahagiaan pada kehidupan kita.

Acara yang dilaksanakan di Aula Rektorat UMB ini dihadiri oleh Kepala Biro Kemahasiswaan, Yuni Tresnawati, S.Sos, M.Ikom, Dekan Fakultas Psikologi, Laila Meiliyandrie Indah Wardani, Ph.D, Wakil Dekan, Yenny, M.Psi, Psikolog, Kepala Program Studi, Karisma Riskinanti, M.Psi, Psi, Sekretaris Program Studi, Prahastia Kurnia Putri, M.Psi, Psi, Sekretaris Program Studi Kampus Cabang, Dhani Irmawan, S.Psi, M.Sc dan Pembina Kemahasiswaan Fakultas Psikologi, Dana Riksa Buana, S.Psi, M.Psi, Ph.D. Peserta yang hadir sebanyak 170 orang dan terbuka untuk umum di kalangan para remaja yang menyukai seni terutama musik (7/7).

Acara ini mempersembahkan beberapa penampilan yaitu, sesi penyampaian materi oleh narasumber Rachajeng Andrieany, M.Psi yang membahas mengenai bagaimana seseorang dapat memproyeksikan emosinya dari perspektif Psikologi Musik, penampilan dari band umum, dan Guest Star “Jebung” yang akan membuat para peserta merasakan kegembiraan, serta bisa menikmati berbagai genre musik. Acara ini juga menjadi puncak dari acara Pekan Raya Psikologi 2023.

Laila dalam sambutannya berharap setelah mengikuti acara ini, peserta dapat mengetahui bahwa musik dapat menunjukan sisi kepribadian melalui genre musik yang disukai dan dapat berpengaruh kepada suasana hati, kesadaran diri serta ketertarikan sosial seseorang, peserta dapat memahami lebih luas tentang pentingnya pengaruh musik terhadap kepribadian seseorang, peserta diharapkan dapat mengetahui bagaimana cara untuk mengekspresikan emosinya dari perspektif Psikologi Musik dan dapat mengetahui tips-tips mengekspresikan emosi serta memperbaiki suasana hati dengan menggunakan perspektif Psikologi Musik.



Next PostPrevious Post