ID   EN
Universitas Mercu Buana

News

FASILKOM Pamerkan 89 Aplikasi Multiplatform Hasil Kolaborasi Dosen-Mahasiswa dalam PHKM

   683    3 min

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Mercu Buana (FASILKOM UMB) menggelar Pameran Hasil Karya Mahasiswa (PHKM) dengan tema "Peningkatan Kreativitas dan Inovasi Mahasiswa Dalam Percepatan Pembangunan Pasca Pandemi." Acara tahunan tersebut menampilkan 89 Aplikasi Multiplatform hasil kolaborasi antara dosen dan mahasiswa dari Program Studi Teknik Informatika (TI) dan Sistem Informasi (SI) yang bertempat di Aula Rektorat UMB (29/7).

Acara ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Ilmu Komputer, Dr. Bambang Jokonowo, S.Si., M.T.I, Wakil Dekan FASILKOM, Drs. Achmad Kodar, MT, Kaprodi Teknik Informatika, Dr. Bagus Priambodo, ST., MTI., PhD, Sekprodi Teknik Informatika, Indra Ranggadara, S.Kom., MT., MMSI, berserta jajaran, serta para tamu undangan dari berbagai sekolah, termasuk SMK Telkom Jakarta, SMK Yadika 4 Tangerang, dan SMK Al Ihsan Jakarta.

Ketua Pelaksana PHKM, Roy Mubarak, S.T., M.Kom, mengungkapkan apresiasi atas kehadiran para temu undangan dan menegaskan bahwa acara ini merupakan tradisi tahunan yang telah diadakan secara rutin, meskipun beberapa tahun lalu hanya bisa dilaksanakan secara online karena pandemi, PHKM menjadi wadah apresiasi dan dedikasi kreativitas serta kerja keras mahasiswa-mahasiswi dalam menghasilkan karya-karya luar biasa, yang berpotensi menjadi inspirasi bagi semua.

Bambang Jokonowo menyampaikan dalam sambutannya bahwa FASILKOM memiliki Program Studi Informatika dan Sistem Informasi serta Kelas Internasional dengan mahasiswa dari Timor Leste dan Pakistan. Mata kuliah Smart Web dan Proyek Pengembangan Sistem Informasi (PPSI) juga turut berkontribusi dalam hasil-hasil karya yang dipamerkan dalam acara PHKM. Bambang juga berharap PHKM berikutnya bisa mencapai target 200 Aplikasi untuk dikembangkan lebih lanjut.

"Hasil karya inovatif mahasiswa FASILKOM UMB telah menjadi produk aplikasi yang sukses digunakan oleh Pemadam Kebakaran. Kini, dengan dukungan bimbingan para dosen, harapannya semakin berkembang dan menunjukkan bahwa mahasiswa Informatika dan Sistem Informasi mampu menghasilkan karya yang membanggakan”, tambah Bambang.

Pemberian apresiasi Dosen Pengampu Mata Kuliah Smart Web Universitas Mercu Buana diberikan kepada:

  1. Muhaimin Hasanudin, S.T, M.Kom
  2. Yunita Sartika Sari, S.Kom, M.Kom
  3. Roy Mubarak, S.T., M.Kom
  4. Herni Sofiani, S.Kom, MMSI
  5. Winarsih, S.Si, MMSI
  6. Dwiki Jatikusumo, S.Kom,M.Kom
  7. Haris, S.Kom, M.Kom, Mohamad Yusuf, S.Kom., M.C.S

Pemberian apresiasi Dosen Pengampu Mata Kuliah PSSI Universitas Mercu Buana diberikan kepada:

  1. Dr. Ruci Meiyanti, S.Kom., M.Kom
  2. Dr. Puji Rahayu, M.Kom
  3. Ratna Mutu Manikam, S.Kom., MT
  4. Kurnia Gusti Ayu, M.Kom
  5. Wuwuh Bekti Hartiningsih, ST., MMSI

Apresiasi Tenaga Pendidik Fakultas Ilmu Komputer diberikan kepada: Agung Prawoto, B.Kom, M.C.S.

Dilanjutkan dengan penyerahan cendera mata kepada narasumber Denta Mandra Pradipta B, S.Ds, M.Si dan Dr. Afiyati, S.Si., MT. Serta, penyerahan plakat untuk Guru SMK dari SMK Telkom Jakarta, SMK Yadika 4 Tangerang, dan SMK Al Ihsan Jakarta sebagai bentuk penghargaan atas partisipasi mereka.

Para pemenang PHKM 2023 dari Teknik Informatika yaitu:

  1. Juara 1, Avril Alelia dan Desthia Fitri Hadi, Dosen Pengampu Winarsih, aplikasi GALERIE
  2. Juara 2, Arda Fathur Alfian, Imanuel Christian Taka dan Fiqih Syaid Hermawan, Dosen Pengampu Herni Sofiani, aplikasi Literati
  3. Juara 3, Irgin D, Bayu B dan Rizky Mijka, Dosen Pengampu Yunita Sartika Sari, aplikasi SIMKBS
  4. Juara Favorit, Nathan R, Prima N dan Reza D, Dosen Pengampu Yunita Sartika Sari, aplikasi Reservasi KAI
  5. Poster Favorit, Muhammad Farhan Syahidin, Aditya Firmansyah dan Rheno Budi Setiawan, aplikasi Natural RE

Para Pemenang PHKM 2023 dari Sistem Informasi yaitu:

  1. Juara 1, Andra dan Putri Nabilah, Dosen Pengampu Dr. Ruci Maiyanti, S.Kom.,M.Kom, aplikasi Brimen
  2. Juara 2, Thaufiq Saputra Zulty, Fajar Alviyasin Pratama dan Hutami Rahmita, Kurnia Gusti Ayu,S.Kom.,M.Kom, aplikasi SiPosyandu Bindu
  3. Juara 3, Destrian Yuski Azizal, Dosen Pengampu, Wuwuh Bekti Hastianingsih, S.T.,MMSI, aplikasi Sipirang
  4. Juara Favorit, Gilang Tarwandi, Septian Dwi Cahyo dan Vincent, aplikasi Kita Peduli
  5. Poster Favorit, Alif Ibrahim Sholeh, Muhammad Wahyu Nalendra, Reza Wahyu Abdillah, aplikasi Salset App

Kolaborasi dosen dan mahasiswa FASILKOM UMB telah membuktikan bahwa mahasiswa Informatika dan Sistem Informasi mampu menghasilkan karya-karya yang membanggakan dan bermanfaat bagi masyarakat. Dengan begitu banyak hasil karya yang dipamerkan, acara PHKM ini menjadi wujud apresiasi dan dedikasi kreativitas serta kerja keras mahasiswa-mahasiswi Fakultas Ilmu Komputer UMB.



Next PostPrevious Post