Senin 26 Jun 2023 23:42 WIB

Universitas Mercu Buana Lahirkan Guru Besar Ilmu Komunikasi Pertama, Rektor: Alhamdulilah

Pencapaian ini diperoleh melalui kolaborasi dengan dosen-dosen Muda di Fikom.

Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana (UMB) mencetak sejarah dengan melahirkan guru besar ilmu komunikasi pertamanya Prof. Dr. Drs. Ahmad Mulyana, M. Si.
Foto: Dok. Pri
Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana (UMB) mencetak sejarah dengan melahirkan guru besar ilmu komunikasi pertamanya Prof. Dr. Drs. Ahmad Mulyana, M. Si.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana (UMB) mencetak sejarah dengan melahirkan guru besar ilmu komunikasi pertamanya. Sosok tersebut adalah Prof. Dr. Drs. Ahmad Mulyana, M. Si. 

Prestasi ini memperkuat posisi UMB sebagai salah satu universitas terkemuka dalam bidang komunikasi di Indonesia. Ahmad Mulyana, yang juga Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi UMB, secara resmi bergelar Profesor setelah menerima Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 29019/M/07/2023. 

Baca Juga

Dalam acara penyerahan SK tersebut di Gedung LLDIKTI III di Jakarta, Ahmad Mulayana  yang didampingi Rektor Unviersitas Mercu Buana, Andi Andriansyah, M. Eng., dan Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Rizki Briandana, PhD, mengungkapkan harapannya setelah mengantungi gelar Guru Besar tersebut.

“Pencapaian ini diperoleh melalui kolaborasi dengan dosen-dosen Muda di Fikom baik dalam pemenuhan bidang Tridarma maupun aspek administrasi dalam pemberkasan JFA GB (Guru BEsar). Jadi selain GB tercapai secara bersamaan angka kredit atau KUM dosen-muda yang berkolaborasi ikut bertambah, selain itu komitmen diri untuk merancang akreditasi diri. Akreditasi ini akan berimplikasi pada peningkatan rangking Perguruan Tinggi,” kata Mulyana, baru-baru ini.

Pada kesempatan yang sama Rektor Universitas Mercu Buana Prof. Dr. Andi Andriansyah. M. Eng., memberikan apresiasinya kepada Fakultas Ilmu Komunikasi yang telah melahirkan Guru Besar pertamanya. Andi mengungkapkan harapannya agar Fakultas Ilmu Komunikasi UMB segera melahirkan Guru Besar berikutnya.

“Alhamdulillah, akhirnya UMB mampu melahirkan Guru Besar di Bidang Ilmu Komunikasi. Saya yakin, akan lahir kembali Guru Besar di Bidang Ilmu Komunikasi lainnya, dalam waktu yang tidak terlalu lama. Saat ini kita segera bersiap untuk pembentukan Program Studi S3 Ilmu Komunikasi di UMB,” kata Andi. 

Saat ini masih ada dua nama lagi dari Fakultas Ilmu Komunikasi UMB; Dr. Suraya, M.Si dan Dr. Nur Kholisoh, M.Si yang akan menyusul menjadi Guru Besar. Secara keseluruhan Universitas Mercu Buana telah memiliki 15 Guru Besar dari berbagai program studi yang ada. 

Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana memiliki Program Studi Ilmu Komunikasi dengan empat yaitu; Penyiaran, Hubungan Masyarakat, Periklanan dan Komunikasi Pemasaran, dan  Komunikasi Digital.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement