ID   EN
Universitas Mercu Buana

UNIVERSITAS MERCU BUANA RAIH 5 PENGHARGAAN DARI KEMENDIKBUDRISTEK

Lebih Dekat Dengan Penelitian Kualitatif

   155    2 min

Dalam rangka menambah wawasan dosen dan mahasiswa terkait Penelitian Kualitatif maka Program Doktor Manajemen dan Program Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Mercu Buana pada hari Selasa tanggal 22 November 2022 melaksanakan kuliah Tamu dengan judul “Lebih dekat dengan penelitian kualitatif”.

Pembicara dalam kuliah tamu ini adalah Guru Besar FEB Universitas Brawijaya, Prof Eko Ganis Sukoharsono PhD . Kuliah tamu yang dihadiri oleh 262 orang dibuka oleh Dekan FEB Universitas Mercu Buana, Ibu Dr Erna Sofriana Imaningsih, M.Si.

Dalam pidato pembukaan disampaikan bahwa penelitian adalah hal yang rutin yang dilakukan oleh para akademisi baik dosen maupun mahasiswa yang menuntut adanya kontribusi untuk state holder berdasarkan kaidah akademik sesuai dengan disiplin ilmu yang dituangkan dalam metodologi penelitian, salah satu metode penelitian adalah penelitian Kualitatif.

Prof Eko Ganis Sukoharsono PhD menyampaikan bahwa riset itu penting untuk: a) memecahkan masalah; b) menemukan solusi; c) meyakinkan pendapat; d) meluruskan ketidakjelasan masalah; e) berinoviasi dengan hal yang baru; f) mencari tahu informasi/ persoalan yang sebenarnya; & g) membangun teori atau konsep baru.

Riset adalah kegiatan atau aktivitas yang diawali oleh: a) pengalaman individu; b) pengembangan teori; c) kerangka konseptual; d) penelitian sebelumnya; e) pemilihan metodologi dan f) fenomena social.

Penelitian juga bisa diawali dari pemilihan perspektif. Penelitian dapat dilakukan dengan beberapa filosofi seperti: ontological assumption; epistemological assumption; axiological assumption rhetorical assumption; methodological methodological.

Dalam penelitian kualitatif diperlukan Constructing Research Novelty Based On Non-Mainstream Research Program. Novelty itu penting karena merupakan unsur originalitas, inovasi, kebaruan dan uniqueness. Novelty sangat dekat dengan non-mainstream.

Ditegaskan juga bahwa pemahaman Research Paradigm adalah penting. Research Paradigm merupakan sebuah pendekatan dan model research yang di dalamnya terdapat aspek-aspek keyakinan untuk menemukan kebenaran atas dasar aktivitas sosial. Kebanyakan reserach paradigm dalam social sciences dan business sciences melibatkan lebih dari satu pendekatan research, dari pendekatan positivism, pendekatan interpretivism, kritikal, postmodern dan spiritualitas.

Disampaikan juga bahwa dalam penelitian kualitatif jumlah responden/ informan tidak perlu banyak. yang penting adalah perspektif respondennya sesuai dengan topik yang ingin diteliti.

Diakhir diskusi moderator acara, Sherly, ST,MM menyampaikan harapan semoga kedepan semakin banyak dosen dan mahasiswa yang tertarik mengambil penelitian kualitatif sehingga jenis penelitian yang ada di FEB UMB semakin berwarna.



Next PostPrevious Post