Kampus Universitas Mercu Buana. Foto: UMB
Kampus Universitas Mercu Buana. Foto: UMB

Kemendikbudristek Beri Dana Hibah Penelitian dan Abdimas Rp1,9 Miliar untuk UMB

Citra Larasati • 12 Juli 2023 14:43
Jakarta: Universitas Mercu Buana (UMB) terpilih sebagai salah satu perguruan tinggi yang mendapat dana hibah dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).  Pendanaan ini diberikan melalui Lembaga Layanan Perguruan Tinggi Wilayah III (LLDIKTI III). 
 
Dana hibah merupakan program yang diberikan Kemendikbudristek kepada perguruan tinggi dalam rangka mendorong mereka untuk melakukan tranformasi.  Dalam hal ini adalah implementasi Merdeka Belajar Kampus Medeka (MBKM).
 
Harapannya melalui MBKM perguruan tinggi dapat meningkatkan relevansinya dengan kebutuhan dunia usaha, industri dan kerja di tingkat nasional maupun internasional pada era Revolusi Industri 4.0.  Terdapat 28 judul penelitian dan abdimas dari para Dosen UMB yang terpilih mendapatkan Hibah Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat dari Kemdikbudristek serta Penelitian Matching Fund (MF) Batch 2 tahun 2023.
Rinciannya, sebanyak 17 judul penelitian usulan baru 2 judul penelitian usulan lanjutan, 1 judul penelitian matching fund dan 8 judul Pengabdian Kepada Masyarakat. Total dana hibah yang diperoleh sebesar Rp1.976.356.000,-
 
Rektor Universitas Mercu Buana, Andi Adriansyah, menyampaikan apresiasi dan penghargaannya kepada para Dosen UMB yang menerima dana hibah tersebut. Andi mengharapkan agar hal ini dapat mendorong Para Dosen untuk lebih bersemangat lagi untuk melakukan proses penelitian dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. 
 
“Sehingga menghasilkan luaran yang diharapkan, dalam bentuk artikel ilmiah berkualitas tinggi, buku referensi, HKI, Teknologi Tepat Guna dan implementasinya di tengah masyarakat. Luaran tersebut dapat meningkatkan kualitas dan reputasi UMB secara keseluruhan sebagai konsekuensi Perguruan Tinggi yang terakreditasi Unggul.”
 
Lebih lanjut Andi mengatakan bahwa selama ini UMB selalu mendorong para Dosen untuk aktif melakukan penelitian dan pengabidian kepada masyarakat sebagai salah satu wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi. 
 
“Dalam bentuk berbagai skema pendanaan internal untuk kegiatan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, UMB memberikan insentif luaran penelitian yang menggairahkan, serta melaksanakan kegiatan bimbingan teknis pembuatan proposal yang berkesesuaian,” kata Andi.
 
Baca juga:  Rekrutmen Calon Pengajar Praktik dan Guru Penggerak Angkatan 10 Dibuka, Simak Infonya!

 
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

(CEU)




LEAVE A COMMENT
LOADING
social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif