ID   EN
Universitas Mercu Buana

UNIVERSITAS MERCU BUANA RAIH 5 PENGHARGAAN DARI KEMENDIKBUDRISTEK

Halal Bihalal dan Renungan Idul Fitri 1443 H

   149    1 min

Kamis 12 Mei 2022, DKM Manarul Amal Universitas Mercu Buana mengadakan kegiatan Halal Bihalal dalam rangka hari raya Idul Fitri 1443 Hijriah.

Acara dihadiri Wakil Rektor Bidang Sumber Daya dan Pemasaran, Dr. Hadri Mulya, para direktur, pimpinan fakultas, dosen, dan karyawan. Acara tausiyah diisi oleh KH. Zulfa Mustofa, dari PBNU. Dalam kesempatan itu Dr. Hadri Mulya menyampaikan bahwa silaturahmi harus tetap dijaga untuk meningkatkan kinerja di lingkungan Universitas Mercu Buana sebagai tempat bekerja dan berinteraksi seluruh komponen sivitas akademika Universitas Mercu Buana.

"Silaturahmi akan menciptakan kerjasama yang harmonis untuk mencapai tujuan organisasi Universitas Mercu Buana." disampaikan Hadri Mulya.

KH. Zulfa Mustofa dalam tausiyahnya menyampaikan kegiatan Halal Bihalal memang tidak terdapat dalam literatur hadis tetapi tradisi ini adalah khas Indonesia dan dapat ditempatkan dalam hadis nabi yg berkaitan dengan silaturahmi.

"Saat ini ada orang yang mempertanyakan apakah satu tradisi seperti Halal Bihalal pernah dicontohkan oleh Rasullullah. Untuk menjawab pertanyaan ini beliau menjelaskan ada 3 sunah nabi. Pertama, Sunnah kholqiyah, yang merupakan bawaan nabi misalnya cara berjalan nabi cara makan nabi. Kedua, sunah 'Adiyah, yang merupakan adat istiadat nabi sebagai orang arab seperti cara berpakaian nabi. Ketiga, sunah Tasy'ariah, yang berkaitan dengan syariat Islam yg dicontohkan oleh nabi. Hal inilah yg wajib diikuti karena menyangkut pelaksanaan syariat Islam", jelas Zulfa Mustofa.

Selanjutnya dijelaskan umat muslim juga penting untuk memperhatikan sunah Khuluqiyah yaitu akhlak nabi. Hal ini penting karena menyangkut hubungan manusia dengan sesama dan lingkungannya. Muslim yang baik bukan hanya yang mengutamakan ibadah tetapi juga yang memberikan manfaat bagi sesama.

Peserta Halal Bihalal dihadiri sebanyak 300 jamaah yang dengan khitmad mendengarkan tausiyah dan doa. Acara ditutup dengan saling bersalaman, mengucapkan permohonan maaf dan doa taqabalallahu minna wa minkum taqabalallahu ya karim...



Next PostPrevious Post