Fakultas Ilmu Komunikasi

Sambutan Dekan

Sambutan Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi

Puji dan syukur kita panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas segala rahmat dan karunia-Nya sehingga kita dapat berkumpul pada hari ini dalam keadaan sehat wal’afiat.

Atas nama Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana, saya mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas kehadiran Bapak/Ibu sekalian dalam acara ini. Fakultas Ilmu Komunikasi terus berkomitmen untuk menjadi pusat unggulan dalam pengembangan ilmu komunikasi, baik dalam aspek pendidikan, penelitian, maupun pengabdian kepada masyarakat.

Perkembangan dunia komunikasi yang begitu pesat di era digital saat ini menuntut kita untuk terus berinovasi dan adaptif. Oleh karena itu, melalui kegiatan-kegiatan akademik seperti ini, kami berharap dapat memperluas wawasan, membuka ruang kolaborasi, dan mempererat hubungan antara civitas akademika dan masyarakat luas.

Kami percaya bahwa sinergi antara akademisi, praktisi, dan mahasiswa akan menjadi kekuatan besar dalam membentuk insan-insan komunikasi yang profesional, beretika, dan berdaya saing global. Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana senantiasa membuka diri untuk menjadi bagian dari perubahan positif tersebut.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Salam hangat dan sukses selalu untuk kita semua.

Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi

Universitas Mercu Buana

Tentang Fakultas

Fakultas/Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Mercu Buana, didirikan pada tahun 1994, dengan Surat Keputusan Dirjen DIKTI dengan Nomor: 071/D/O/1994 tentang ijin pendirian dan operasional Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Mercu Buana.

Fikom-UMB memiliki satu program studi Ilmu Komunikasi. Pada awal pendirian, PS Ilmu Komunikasi memiliki tiga bidang studi yaitu Jurnalistik, Hubungan Masyarakat dan Periklanan. Tahun Akademik 2004/2005 Fakultas Ilmu Komunikasi menambah bidang studi baru yaitu Visual Communication. Sedangkan bidang studi Jurnalistik diubah namanya menjadi Broadcasting, bidang studi Humas diubah menjadi Public Relations dan BS Periklanan diubah menjadi Advertising and Marketing Communication.

Sejak Tahun Akademik 1997/1998 status program studi (yang semula ditentukan oleh Direktorat Pendidikan Tinggi dengan status berjenjang mulai terdaftar, diakui dan disamakan) kemudian diubah dengan sistem akreditasi yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN-PT). Setelah melakukan proses akreditasi dengan merujuk pada Surat Keputusan BAN (Badan Akreditasi Nasional) No. 001/BAN-PT/AK-1/VIII/1998 tanggal 11 Agustus 1998, maka BAN-PT mengeluarkan Surat Keputusan No. 008/BAN-PT/AK-IV/VI/2000 yang menyatakan Fakultas Ilmu Komunikasi memperoleh status Terakreditasi B. Tahun 2005, Fakultas/Prodi Ilmu Komunikasi memperoleh akreditasi baru yaitu A, melalui SK BAN No. 07932/AK-IX-S1-012/UMDILM/VII/ 2005.

Keberhasilan Fakultas/ Program Studi Ilmu Komunikasi, merupakan hasil kerja keras seluruh civitas akademika yang dengan konsisten menjalankan tugas serta tanggung jawabnya dengan baik. Berbagai hambatan dan kendala dibicarakan dan dicarikan jalan keluarnya bersama-sama dan berbagai kelemahan yang ada, terus menerus dilakukan perbaikan.

Fakultas/Prodi Ilmu Komunikasi, berserta seluruh unit yang berada di lingkungan Universitas Mercu Buana, sejak tahun 2005, telah melaksanakan sistem manajemen mutu ISO 9001:2000. Sistem ini sangat memudahkan seluruh unit yang ada dalam melaksanakan wewenang, tugas serta tanggung jawab masing-masing. Sistem Manajemen Mutu ini dijalankan untuk mencapai visi, misi serta tujuan lembaga.

Visi dan Misi

Visi

“Menjadi Fakultas Ilmu Komunikasi Unggul dan Bereputasi Internasional yang berkontribusi pada pengembangan masyarakat berkelanjutan tahun 2045".

Misi

  1. Menyelenggarakan Tridarma Perguruan Tinggi dalam Bidang Ilmu Komunikasi yang berbasis riset dan kewirausahaan digital secara profesional dan berkualitas untuk mencapai keunggulan dan reputasi internasional

  2. Melaksanakan Tata Kelola Perguruan Tinggi yang baik pada Tingkat Fakultas Ilmu Komunikasi sesuai dengan standar mutu dan mengembangkan jaringan kerjasama berkelanjutan dengan mitra nasional dan internasional.

  3. Mengembangkan kompetensi keilmuan Komunikasi dan etika profesional sivitas akademika dalam memberikan kontribusi inovatif pada pengembangan masyarakat.