ID   EN
Universitas Mercu Buana

News

Seminar Kewirausahaan "Branding Strategy dan Desain Produk"

   1544    2 min

Biro Kewirausahaan Universitas Mercu Buana (UMB) mengadakan acara seminar kewirausahaan yang mengambil topik "Branding Strategy dan Desain Produk” di Auditorium Harun Zain, UMB (26/9).

Seminar ini mengundang dua nara sumber berpengalaman, Dini Prahtivi, Marketing and Branding Strategist dan Riza Herzego Nida Fathan, S.Kom, Founder goakal.com dengan dimoderatori oleh Dr. Daru Asih, SE, MM, selaku Kepala Biro Kewirausahaan UMB.

Dini Prahtivi menjelaskan kriteria untuk memiliki branding yang baik, yang mencakup identitas yang kuat, visibilitas yang tinggi, dan kemungkinan keterlibatan selebriti dalam brand tersebut. Ia juga menyoroti pentingnya positioning atau penempatan yang tepat terhadap target audiens, serta elemen-elemen seperti logo, nama, psikologi warna, desain kemasan, aktivasi media sosial, pesan brand (brand messaging), serta perkembangan dalam pemasaran digital.

“Berbagai kesulitan yang mungkin dihadapi dalam melakukan branding produk usaha, mengharuskan kita untuk menekankan pentingnya pemikiran tentang branding sebelum bisnis benar-benar berjalan”, ujar Dini

Dini menambahkan, branding adalah tentang mengesankan orang, dan itu bisa menjadi faktor pembeda produk kita dengan yang lainnya. Perbedaan antara konsep "brand" dan "branding," di mana "brand" merujuk pada citra produk sementara "branding" adalah proses pembangunan citra tersebut. Harus menjadi catatan bahwa nama atau merek (brand) harus dipikirkan sejak awal sebelum memulai bisnis.

Logo dan pemilihan warna harus menggambarkan nilai-nilai yang diinginkan oleh merek tersebut. Desain Produk Juga Harus Selalu Mengikuti Tren Saat Ini, Dengan Perhatian Khusus Pada Produk Ramah Lingkungan

Riza sebagai nara sumber kedua telah berhasil merangkum esensi dari desain produk modern dengan sangat baik. Ia secara tegas menggarisbawahi betapa pentingnya memiliki desain produk yang ergonomis dan berkelanjutan, serta menciptakan elemen keberlanjutan yang dapat memberikan manfaat jangka panjang baik bagi pengguna maupun lingkungan.

Selain memberikan wawasan berharga peran penting desain produk dalam era modern, Riza juga memberikan dorongan yang bermakna bagi perkembangan desain produk di masa depan.

Daru memberikan saran kepada para mahasiswa UMB yang tidak lolos program P2MW (Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha) untuk dapat mengikuti program kewirausahaan Mandiri nanti, dan harus terus mencari informasi secara mandiri karena banyak program kewirausahaan termasuk melalui program seperti, Kemenpora, dan peluang pendanaan lainnya.

Seminar ini berhasil menyampaikan pesan penting tentang strategi branding dan desain produk dalam era digital, memberikan wirausaha pemula wawasan yang berharga untuk memulai dan mengembangkan bisnis mereka. Diharapkan acara ini akan menjadi langkah awal bagi banyak peserta menuju keberhasilan dalam dunia bisnis.



Next PostPrevious Post