ID   EN
Universitas Mercu Buana

UNIVERSITAS MERCU BUANA RAIH 5 PENGHARGAAN DARI KEMENDIKBUDRISTEK

Pelepasan Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Universitas Mercu Buana tahun 2022

   144    3 min

“Bertukar Sementara Bermakna Selamanya”

Universitas Mercu Buana melepas Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) yang meliputi 4 program studi terdiri dari Program Studi Manajemen, Sistem Informasi, Teknik Informatika dan Psikologi, serta 4 Bidang Studi terdiri dari Broadcasting, Digital Communication, Marketing Comunication, Public Relation acara tersebut terselenggara pada tanggal, 3 Agustus 2022 tepatnya di Auditorium Harun Zain Universitas Mercu Buana.

Hadir dalam acara tersebut Dr. Harwikarya, MT. (PLT Rektor Universitas Mercu Buana), Rizki Briandana, M.Comn., Ph.D (Direktur Akademik dan Kemahasiswaan), Dr. Erna Sofriana Imaningsih, SE, M.Si (Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis), Dr. Juwono Tri Atmodjo, M.Si (Wakil Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi) dan Pimpinan lainnya serta para peserta Mahasiswa Merdeka (PMM).

“Program MBKM adalah sebuah terobosan baru dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia yang bertujuan untuk mendorong mahasiswa menguasai berbagai keilmuan untuk bekal memasuki dunia kerja. MBKM sendiri merupakan singkatan dari Merdeka Belajar – Kampus Merdeka, yang berjalan salah satunya program PMM saat ini”.

Dr. Harwikarya, MT (PLT Rektor Universitas Mercu Buana) menyampaikan pesan tujuan PMM ini untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa menyerap keilmuanya dan jangan lupa selalu jaga nama baik istitusi Universitas Mercu Buana, dan menyampaikan informasi bahwa Universitas Mercu Buana di LLDIKTI Wilayah III sebagai 10 perguruan tinggi menjadi World Class University dari 370 PTS yang ada di LLDIKTI Wilayah III dan salah satu Universitas Mercu Buana berkesempatan menjadi World Class University, dan juga saat ini UMB menjadi 4 Perguruan Tinggi Swasta Terbaik Nasional Versi Webometrics serta kepada mahasiswa peserta PMM perdalam budaya setempat sebagai tambahan modal pengembangan keilmuanya kelak.

Dalam kesempatan tersebut Rizki Briandana, M.Comn., Ph.D (Direktur Akademik dan Kemahasiswaan) menyampaikan sebuah filosofi mengapa program PMM di lakukan dari berbagai latar belakang dari Kementerian sehinga diharap proses Indikator Kerja Utama (IKU) untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa belajar dua kampus dalam dua puluh (20) SKS dalam satu semester.

Dalam hal ini pertukaran mahasiswa merdeka dilengkapi dalam modul nusantara yang artinya para mahasiswa akan belajar budaya setempat belajar tentang nilai-nilai lokal yang ada di Indonesia adalah budayanya kita mempunyai berbagai macam budaya yang tersebar di Indonesia, mahasiswa perlu berpartisipasi untuk memperkuat potensi akademik mahasiswa menciptakan SDM unggul yang berkualitas di harap dengan pertukaran dapat meningkatkan Soft Skill dan Hard Skill di tempat kampus lain.

Ada belajar di Palembang, Bali, Aceh dan sebagainya membaur beradaptasi, mengeksplorasi sebesar-besarnya. Dalam semester ini UMB mengirim 26 mahasiswa yang tersebar dari 4 fakultas yakni : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Ilmu Komunikasi serta Fakultas Psikologi. Yang terdistribusi 13 Institusi yaitu Stikom Bali, Universitas Andalas, Bandar Lampung, Bosowo, Hasanuddin, Malikussaleh, Mataram, Muhammadiyah Sumatra Utara, Negeri Padang, Pendidikan Ganesha, Sriwijaya, Sumatra Utara, serta Universitas Teknorat Indonesia terang Riski.

Diakhir Pelepasan Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Universitas Mercu Buana tahun 2022, Dinda Fatimah Kautsarina (Mahasiswa Informatika) menyampaikan PMM ini merupakan bagian Program dari MBKM dengan tujuan untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia untuk mengembangkan potensi mahasiswa dalam keilmuannya masing-masing secara luas dan beragam di samping itu untuk bermanfaat dari institusi asal dan institusi tujuan dan masyarakat secara umum dan melalui kegiatan ini diharap sebagi contoh melalui proses dan hasil yang terbaik untuk diupayakan memperluas jejaring dan pengalaman belajar dan menjalankan program ini dengan penuh tanggung jawab dan mengimplementasikan ilmu yang di peroleh kegiatan ini untuk kerja nyata.



Next PostPrevious Post