Dark/Light Mode

Gelar Wisuda, Rektor UMB Beberkan Sejumlah Prestasi Kampus Dan Mahasiswa

Kamis, 22 Juni 2023 23:52 WIB
Rektor Universitas Mercu Buana Prof Andi Adriansyah (Foto: Dok. UMB)
Rektor Universitas Mercu Buana Prof Andi Adriansyah (Foto: Dok. UMB)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perjalanan waktu mengajarkan bahwa sebuah peradaban dapat tumbuh dan berkembang melalui sumber daya manusia (SDM). Oleh karena itu, pendidikan berkualitas memegang peran penting dalam menciptakan SDM yang berkualitas tinggi dan memiliki andil yang signifikan dalam mewujudkan pembangunan nasional berkelanjutan.

Demikian disampaikan Rektor Universitas Mercu Buana (UMB) Prof Andi Adriansyah dalam pidatonya di acara Wisuda Diploma ke-54, Sarjana ke-58 dan Magister ke-45 Tahun Akademik 2022/2023, di ICE BSD, Rabu (21/6). Menurut Andi, pendidikan untuk pembangunan yang berkelanjutan (Education for Sustainable Development/ESD) menjadi salah satu tantangan bagi semua, institusi pendidikan tinggi untuk menghadirkan manusia Indonesia yang unggul yang mampu berdiri sejajar dengan bangsa lain dalam persaingan global.

Menjawab tantangan ini, terang dia, Universitas Mercu Buana mengambil peran dalam “Menciptakan Sumber Daya Manusia Unggul Melalui Pendidikan Berkelanjutan yang Berbasis Wirausaha, Kreatif dan Kolaboratif”.

“Hal ini sejalan dengan visi Universitas Mercu Buana yaitu menjadi Universitas Unggul dan terkemuka di Indonesia untuk menghasilkan tenaga profesional yang memenuhi kebutuhan industri dan masyarakat dalam persaingan global,” kata Andi, seperti keterangan yang diterima redaksi, Kamis (22/6).

Baca juga : Gelar RUPS, Pertamina Tetapkan Jajaran Direksi Baru, Ini Daftarnya

Dalam kesempatan tersebut, dia juga mengucapkan selamat kepada Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Prof Ahmad Mulya atas capaiannya sebagai Guru Besar bidang Ilmu Komunikasi.

Dia lalu menyampaikan beberapa torehan prestasi sepanjang enam bulan terakhir yang diraih Universitas Mercu Buana. Pertama, Universitas Mercu Buana menempati ranking kedua PTS Terbaik di DKI Jakarta versi Webometric 2023. Kedua, Universitas Mercu Buana menempati ranking keempat PTS Terbaik di Indonesia versi Webometric 2023. Ketiga, Universitas Mercu Buana meraih penghargaan Penilaian Tertinggi dalam PMM MBKM, Kompetensi Profesi Digital 2023.

Keempat, Universitas Mercu Buana berhasil menambahkan capaian akreditasi Unggul pada Program Studi S1 Manajemen, S2 Akuntansi, S1 Teknik Informatika. Kelima, Universitas Mercu Buana mendapatkan 19 hibah Penelitian dan Pengabdian Masyarakat 2023. Keenam, Universitas Mercu Buana mendapatkan 6 hibah Program Kreativitas Mahasiswa dan 1 Hibah Program Penguatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa. Ketujuh, Universitas Mercu Buana Mendapatkan Bantuan 7 Tim Mahasiswa Lolos mendapatkan Bantuan Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW).

Selanjutnya, dia menyampaikan berbagai prestasi yang diraih mahasiswa Universitas Mercu Buana di berbagai ajang bergengsi internasional dan nasional. Pertama, mahasiswa dari Program Studi Psikologi meraih Juara pertama dalam International Open Karate Championship MGMP PJOK 2022, cabang Kumite-84 Senior. Kedua, mahasiswa dari Program Studi Ilmu Komunikasi meraih Juara Pertama dalam South East Asia Karate Federation (SEAKF).

Baca juga : Ganjar Milenial Adakan Kegiatan Bersih Kampung Dan Tanam Pohon Di Penajam Paser Utara

Ketiga, mahasiswa dari Program Studi Ilmu Komunikasi meraih medali Perak dalam Sea Games 2023 Kamboja pada cabang Karate-Women’s Kata Team. Keempat, mahasiswa dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, terpilih mengikuti Indonesian International Student Mobility Award (IISMA) ke Perguruan Tinggi Universitat Pompeu Fabra Spain.

Kelima, tujuh mahasiswa dari Program Studi Akuntansi, Ilmu Komunikasi, Desain Interior dan Psikologi meraih Juara Favorit dalam 17th National Folklore Festival. Keenam, tiga mahasiswa dari Program Studi Teknik Informatika, meraih kategori Gold, silver dan Brown dalam ajang APJC Netacad Riders Competition 2023, cabang Cisco NetAcad Riders 2023.

Ketujuh, lima mahasiswa dari Program Studi Ilmu Komunikasi, Teknik Informatika, dan Psikologi meraih medali Perunggu pada Kejuaraan Nasional Dies Natalies UNJ, cabang Pencak silat. Kedelapan, mahasiswa dari Program Studi Manajemen, meraih Juara Pertama dalam ajang SA Youth Millenial Inter Academy, Indonesia.

Kesembilan, tiga mahasiswa dari Program Studi Manajemen, Psikologi dan Desain Interior, meraih medali Emas dalam Program Lomba Individu. Kesepuluh, mahasiswa dari Program Studi Ilmu Komunikasi, meraih medali Perak dalam Program Lomba Individu. Kesebelas, empat Mahasiswa dari Program Studi Manajemen, Psikologi, Ilmu Komunikasi dan Desain Interior, meraih medali Perunggu dalam Program Lomba Individu.

Baca juga : Gelar Konsolidasi Nasional, PKS Kokohkan Semangat Membela Dan Melayani Rakyat

Hadir dalam acara wisuda tersebut, Plt Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III Lukman, Sekretaris Pengurus Yayasan Menara Bhakti Mohammad Irfan, Anggota Pengawas Yayasan Menara Bhakti Hadri Mulya, Ketua Senat Universitas Mercu Buana Prof Chandrasa Soekardi, dan jajaran Dekan dan Kepala Program Studi di lingkungan Universitas Mercu Buana.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.